Transaksi Ilegal Melalui Internet Menurun Drastis

BANDUNG, (PRLM).-Transaksi ilegal melalui internet yang dilakukan oleh warga Indonesia, dipastikan sudah menurun drastis. Di dunia, transaksi ilegal melalui internet kini didominasi oleh warga Malaysia.
Hal itu dikatakan oleh Dirjen Aplikasi Telematika Depkominfo RI, Cahyana Ahmadjayadi, Selasa (11/8), usai berbicara dalam workshop Gerakan Internet Sehat, yang diselenggarakan LDII di aula RRI Bandung.
Menurut Cahyana, penurunan jumlah transaksi ilegal itu, merupakan dampak dari terbitnya UU No. 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Sebelum terbitnya undang-undang itu, Indonesia sempat dikenal sebagai salah satu negara yang tertinggi dalam transaksi ilegal di internet.
Dikatakan Cahyana, modus yang dilakukan, biasanya berbelanja melalui internet, dengan menggunakan kartu kredit orang lain. Walau nilai belanjanya kecil, namus modus itu dilakukan oleh banyak orang dan sangat merugikan pemilik kartu kredit yang sebenarnya.
“Untuk warga Indonesia, dari pengamatan kami, transaksi ilegal, atau credit card fraud itu tidak dilakukan karena motif ekonomi. Transaksi itu dilakukan hanya untuk iseng, atau coba-coba saja. Kebetulan, banyak yang berhasil melakukannya,” kata Cahyana.(A-132/kur)***
LDII Bali

Sumber: Pikiran-rakyat.com

Posted on 12 Agustus 2009, in Ldii Artikel and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: